Monday 27 June 2016

Penang Part 1: Rumah Sakit, Bukit Penang, dan Tradisi Unik Cinta





View from the top. Penang Bridge!


Penang, negara terkecil kedua di Malaysia ini termasuk yang paling maju dan paling kaya. Kenapa paling kaya? karena Pulau ini terkenal di bidang medis sama kesehatannya. Banyak orang yang lebih memilih buat berobat ke sini daripada negaranya sendiri. Yak, salah satunya adalah orang-orang Indonesia. 

Salah satu fun factnya adalah ketika lu naik pesawat darimana pun ke Penang, lebih dari 50%nya adalah orang Indonesia yang mau berobat ke Pulau Penang. Karena memang Dokter-dokter di Penang dinilai ahli banget dan bisa dipercaya.

Pas naik Taxi di Penang pun, beberapa pertanyaan ini yang bakal selalu ditanyain Drivernya: "dateng buat berobat ya?" atau "siapa yang sakit?"

Jarang banget Driver yang nanya: "datang kesini buat liburan ya?" ya karena sebagian besar orang yang dateng ke Pulau Penang memang buat check up rutin atau berobat.

Nah. Bokap gua pun adalah salah satu pasien di Rumah Sakit Penang. Bokap bakal rutin check up ke sana setengah tahun sekali dan gua sama cici yang ke-3 selalu nemenin pergi sekaligus jalan-jalan hehehe. Check up rutin Bokap bakal dilakukan lagi bulan Juni tahun ini, jadi gua pun pergi nemenin lagi.

Trip ke Penang pun dimulai!


Oh iya. Gua selalu berangkat ke Penang dari Medan karena cici ke-3 rumahnya di Medan dan kalo mau ke Penang dari Medan lebih deket, naik pesawat cuma 45 menit.


Singkat cerita, gua nyampe Penang International Airport jem 10an malem. kenapa malem banget? katanya cuma 45 menit doang Sut?

KENA DELAY NYET, KENA DELAY....


Pas nyampe Bandara, satu hal yang selalu langsung gua lakuin adalah beli Sim Card lokal. Mau tinggal seminggu, 3 hari atau sehari. Gua harus beli Sim Card lokal, alesannya adalah gua ga bisa banget ngandelin Wi-Fi karena lokasi di Malaysia belom banyak Wi-Fi gratisan. Sekalipun ada Wi-Fi, eh jaringannya lelet kayak Siput lagi puasa sebulan.

Lorong setelah masuk ke Bandara
 
For your information. Sim Card yang recommended dipake selama di Malaysia adalah DiGi dan Hotlink (Maxis), tapi gua lebih sering pake kartu DiGi. Berapa harga DiGi? Kemarin waktu gua beli harganya 35 Ringgit = Rp 114.000 dengan masa aktif paket seminggu + quota 4GB.

Menurut gua lumayan mahal sih untuk paket seminggu tapi yasudahlah. Anyway kartu Malaysia itu masa aktifnya 3 bulan aja. Kalo ga diisi pulsa selama masa aktif itu kartunya ga bakal bisa dipake lagi dan harus beli baru.

2 Bulanan lagi kamu akan tiada nak :')

Setelah beres pasang Sim Card. Kami langsung pesen Taksi di Bandara ke Burmahtel di Pulau Tikus. Enggak enggak.. Pulaunya enggak dihuni sama para Tikus. Burmahtel ini sebenernya lebih masuk ke kategori Hostel daripada Hotel, tapi fasilitasnya udah sekelas Hotel jadi keluarga gua selalu milih tinggal di sini karena murah dan nyaman.

Alasan lainnya adalah Hostel ini lokasinya strategis di tengah-tengah Kota, jadi mau ke manapun deket! Bayangin aja di seberang Hostel banyak deretan Cafe yang jualan makanan sampe tengah malem pun masih jualan. Jalan kaki sekitar 20 menit udah bisa ke Pantai sama Mall. Ntap!

Hostel tercinta selama di Penang

Kelar check-in Hostel dan udah capek banget. Gua pun memutuskan buat beli makanan di depan Hostel aja. Makanannya seperti makanan pada umumnya sih, Nasi Goreng, Mie Goreng, Bihun Goreng dan lain-lain. Bentar-bentar.. Gua jadi curiga ini Restoran punya Abang Tek-tek pinggir jalan di Indonesia apa bukan sih?!

Nasi Goreng ala Malaysia

Ada yang aneh? Iya.. kalo beli makanan yang dibungkus pulang di Malaysia bakal dibungkus pake plastik bukan bungkusan kayak di Indonesia. Different country different style yo! Tapi Nasi Gorengnya endeus banget sumpah. Gua ngetik ini jadi laper coba.. Tanggung jawab!


Hari Kedua, matahari pagi pun menyongsong. Gaya lu tong tongg pake menyongsong segala.

Seperti biasa, cici gua bakal bangun pagi-pagi banget ke Rumah Sakit buat ambil nomor antrian biar lebih cepet dapet giliran check up. Soalnya yang check up serame Pasar bukan Bokap gua doang. Sedangkan Gua, Bokap dan Ponakan masih ngorok hahahahaha.

Sekitar jem 8an pagi. Bokap bangunin Gua sama Ponakan buat sarapan pagi di Hai Beng Cafe seberang Hostel sebelum pergi ke Rumah Sakit.

di Jalan ini pasti yang tinggal para jomblo-jomblo ngenes deh..

Masih dengan mata segaris *EMANG MATA LU SIPIT KAMPRET!* dan muka masih belom ikhlas bangun.

Gua pesen semangkok Mie gede yang disirem kuah item banget, ada beberapa daging ayam sama setengah telor yang namanya Hokkian Lor Mee.

Bumbu asem manisnya ga terlalu berasa sih alias ga terlalu enak, apa karena lidah Indonesia jadi ga cocok sama rasanya ya? hmm.. tapi karena laper ya tetep abis juga.

Hokkian Lor Mee, kuahnya item bet etdahh

Pemilik Cafenya galak uga..

Setelah sarapan. Gua, Bokap dan Ponakan pun cabut ke Rumah Sakit pake Grabcar. Anyway sebelumnya gua selalu pake Taxi dan ongkosnya lebih mahal dari Grab dan Uber. Kalian pahlawan dompetku Grab, Uber. Salam hemat!

Nyampe Island Hospital. Gua pun duduk anteng nunggu Bokap check up, dari yang duduk anteng sampe duduk tiduran. Yak nunggu di Rumah Sakit emang boring parah, cuma bisa main hape dan denger lagu. Untung ada free Wi-Fi sih HEHEHE

Dan ga tau kenapa tiap ke Rumah Sakit selalu ada kejadian-kejadian absurd, salah satunya ini:


Setelah kelar check up. Dokter nyuruh Bokap dateng lagi jem 4 sore buat ambil hasil test, yang artinya waktunya makan siang!

The Giant Boy and Squirrel Mural
Macalister Road Famous Food Stall. Ini salah satu tempat kuliner terkenal di George Town, Penang. Di sini juga terkenal sama Mural Raksasa seekor Bocah dan seorang Tupai. keren yak!

Setelah kelar makan siang. Bokap sama Cici pun balik ke Hostel buat istirahat. Karena masih ada waktu 3 jem kosong buat balik lagi ke Rumah Sakit.

Gua yang notabenenya kalo keluar Negeri ga bisa tidur-tiduran di Hostel kayak Pengangguran pun searching di Google tempat-tempat yang wajib di datengin selama di Penang.

Searching lumayan lama Gua sama Ponakan memutuskan pergi ke Bukit Bendera alias Penang Hill naik Grab. Patungan. Iyalahh mau statusnya Ponakan juga harus berbagi ongkos jalan. Enak aja! HAHAHAHAH Paman macam apa sih gua ini..

First stop, Penang Hill!

Turun dari Mobil, udah disambut dengan tulisan "Penang Hill". Jadi Bukit Bendera atau Penang Hill ini adalah spot terbaik buat liat view seluruh kota Penang dan kalo mau liat harus naik Kereta kecil ke atas Bukit.

Gua sama Ponakan langsung ngebut ke loket karcis buat beli Kereta ke atas. Buat Turis dewasa satu tiket seharga 30 Ringgit = Rp 95.000 dan anak sekolah seharga 15 Ringgit = Rp 48.000. Harga itu udah termasuk Kereta return dan seperti biasa harga buat Turis selalu lebih mahal dari warga lokal. Yaelah Bro..

Got the Penang Hill's train cards!

Kartu masuk Kereta ke atas Bukit udah di tangan. Gua sama Ponakan langsung cepet-cepet ikut barisan antrian, karena yang ngantri rame banget dari bocah-bocah sampe engkong nenek pun ada.

Saking ramenya harus ngantri 30 menit lebih baru giliran kami yang masuk ke Kereta. Ini seharusnya disediain tiker nih buat orang-orang yang ngantri biar ga kegajahan kakinya. *semut udah muak dipanggil kesemutan terus*

Kereta pun jalan dan nanjak ke atas Bukit. Selama di Kereta viewnya bener-bener bikin speechless, keren banget. Lewatin Hutan yang banyak pepohonan, berasa banget Petualangannya!

Let's go to the top!

Berasa naik kereta ke Hogwarts ya.. hahahah ngimpii

Sekitar 10 menit. Kereta pun nyampe ke puncak Bukit. Karena di atas puncak Bukit, hawa dan udaranya jadi berubah adem-adem pengen dipeluk gitu. Gua udah ga sabar, langsung buru-buru nyari spot buat foto pemandangan.

Kereta balik ke bawah buat jemput yang lain.

Rame beud dahhh

Ceritanya hastag OOTD dari belakang :p
Penang Hill ini bener-bener spot paling keren buat foto seluruh pemandangan Kota Penang dari atas, bisa liat bukit dan laut juga! Tapi bakal lebih keren lagi kalo malem.

Yang bikin keren ya cahaya lampu dari bangunan-bangunan kota. Sayang banget gua datengnya siang-siang. Wrong timing banget buahahaha tapi bodo amat deh pemandangannya tetep bagus banget!

Ke

Ren

Banget

Stunning view from the top of the Hill!

Setelah puas pantengin pemandangan, foto-foto dan video. Gua pun jalan ngiterin Penang Hill.

Masukin 1 Ringgit dan lu bisa liat apakah jodoh lu udah deket apa belom. enggak enggak, ga usah banyakan ngayal lu nyet.

Lebih romantis lagi kalo ada sepasang kekasih berdiri di sana, tar yak kapan-kapan.

apek juga, duduk-duduk difoto candid keren dulu ah..

Ponakan bahagia ada Kang Es Krim hahahah.

Di Penang Hill ini ternyata ada beberapa Restoran yang nyediain Sky Terrace. Jadi pengunjung Restoran bisa makan atau ngemil-ngemil nyantai sambil liat pemandangan dari atas Bukit.

Tangga buat naik ke Restoran

Mesen French Fries doang..

Candle light dinner malem-malem sih romantis parah.

Sengaja kasih tone gelap biar ada nuansa misterius gitu..

Lumayan lama duduk buat ngisi tenaga, perjalanan dilanjutin lagi. Mari explore semua tempat di Penang Hill! Call me Sutris The Explorer. Dora bakal kalah tenar.

Pasti seru ya bisa jalan-jalan nikmatin alam sambil gandengan sama siapa gitu..
Ini kalo ada Jaden Smith udah dipecahin semua potnya pake kaki.

Neng.. ayunan sama abang yuk?

Next destination: Bangkok! Sadhu sadhu sadhu..

Jadi di tengah-tengah Penang Hill ini ada tempat yang namanya Love Locks atau Pad Locks yang pagernya penuh sama gembok-gembok yang kebanyakan berbentuk love dan ada namanya. Uniknya yang punya gembok berasal dari berbagai negara.

Konon katanya kalo ada pasangan yang tulis nama masing-masing di Gembok dan gembok di Pager lalu kuncinya dibuang. Maka hubungan mereka bakal awet dan langgeng.

Ya yang lagi sendiri mending jangan ke sini dulu deh.. Percuma. Sia-sia. Tunggu udah ada pacar baru ke sini yak biar enak pacarannya.

di tengah lokasi ada tulisan LOVE guede banget.

Love Locks or Pad Locks.


Sampe tiang lampu pun ada gembokan, niat amat luh.

Setelah ngeratapin nasib cuma bisa liat gembok-gembok yang bertuliskan pasangan-pasangan yang berbahagia.

Gua naik tangga lebih tinggi lagi, ternyata ada satu taman bermain yang sebelahnya Kuil Hindu yang artistik banget dan ini adalah Kuil Hindu tertua di Penang.

There's always a boy inside every man HAHAHA.

Instagram-able banget gak sih?

Karena udah cukup lama jalan-jalan ngiterin Penang Hill dan waktu udah pukul 3 siang. Gua sama Ponakan pun siap-siap buat turun ke bawah lagi naik Kereta.

Face Painting

Di perjalanan turun, ada beberapa seniman yang lagi gambar muka orang, bagus banget dah. Gua sebenernya ada niat buat gambar juga, lumayan kan pajang di Kamar buat ngusir nyamuk-nyamuk rese. Tapi waktu udah mepet, yasudah next time aja.


To be continued, there will be more interesting stories while i was in Penang!

No comments:

Post a Comment