Monday 27 June 2016

Penang Part 2: Kuil, Pantai dan Bioskop

Hari Ketiga di Penang! Kalo lagi liburan gua selalu usahain bangun pagi. Entah kenapa kalo engga lagi liburan malah males-malesan bangun. Mindset manusia emang udah disetting begitu kali ya.

Walaupun udah bangun pagi tapi selalu kalah pagi dari Cici gua, dia udah bangun lebih dulu dan pergi ke Pasar. Wajarlah naluri emak-emak mau dimana pun pagi-pagi harus ke Pasar hahaha.

Gua sama Ponakan pun nyusul ke Pasar deket Hostel yang gua tinggalin, jalan kaki 10 menit udah nyampe. di Pasar ini ada yang jual Nasi Lemak enak banget dan kalo mau makan harus dateng pagi-pagi, soalnya kalo agak siangan udah lenyap diborong orang.

PS: Nasi Lemak, nasi terkenal di Malaysia yang isinya ada Ayam Gulai, Telor Bulet, Kentang, sama Ikan Teri + Cabe-cabean.

Yang jual Nasi Lemak di Penang sebenernya banyak banget. Cuman yang paling deket di Pasar ini aja.

Walaupun bentuknya abstrak tapi enak banget lohh.

Kelar nyarap Nasi Lemak. Gua langsung jalan kaki ke Vihara atau Kuil Buddha di deket Pasar, mau jalan-jalan sekaligus sembahyang. Jadi Vihara yang mau gua kunjungin ini ada 2 dan lokasinya berseberangan.

Vihara pertama namanya Wat Chayamangkalaram Thai Buddhist Temple. Ini adalah Vihara Thailand yang dibangun di Malaysia, namanya sih bisa bikin lidah keseleo pas baca..

Pintu gerbangnya aja udah artistik banget.

Warna emas di mana-mana

Baru masuk gerbang, di bagian tengah Vihara udah disuguhin bangunan yang didesain dengan mewah yang didominasi warna emas dan patung-patung.

Begitu masuk ke dalam Vihara.. Gua terkagum-kagum sama apa yang gua liat. Gua lagi mandangin Patung Buddha Tidur terbesar ke-3 di Dunia! Naujubilah gede banget Patungnya..

Tiba-tiba gua langsung inget scene di Film Kera Sakti, di mana pas Kera Sakti lagi nyari masalah sama Buddha yang ukurannya luar biasa. Terus ditepok pake telapak tangan Buddha ke Gunung. Hayo jadi apa hayoo?

Voilah, jadilah Gunung Lima Jari. kok jadi kayak acara magic gabung acara masak-masakan gini sih?

The Third Biggest Sleeping Buddha in the World!

Di deket Patung Buddha Tidur ada satu Mesin buat ngasih petunjuk masa depan kita gitu. Karena ga ada salahnya dicoba.

Gua masukin 50sen ke Mesin lalu otomatis lampu di lingkaran kuning itu bakal puter-puter dan berhenti di salah satu nomor.

  
Dan.. gua dapet nomor 13. Untung ada bahasa Malaysianya, bisa meledak otak gua baca tulisan Thailand. Inti yang bisa gua tangkep dari Ramalan ini adalah jangan pacaran atau nikahan dulu.

Pantes aja gua masih sendiri sampe sekarang. Jodoh gua ternyata masih ditunda-tunda sama Buddha..

but i know that Buddha is still looking for my best of the best partner and i believe in it.

Sampe kapan? hmm...
 

Salut banget sama yang bikin struktur dan desain dalem bangunan Vihara ini, bener-bener detail banget. keren parah..

Di sebelah kanan ada Patung-patung yang mewakili hari senin sampe minggu. tapi cuma kefoto Patung Buddha hari Senin sampe Kamis, maaf ya hari Jumat, Sabtu dan Minggu. Wa sayang kelen kok..

  
Nah, Ini adalah Patung-patung Buddha yang mewakili 12 Shio. Semua guci-guci di belakang Patung itu isinya abu-abu orang yang udah meninggal.

Setelah mayatnya dibakar, abunya bakal disimpen di situ dan ada foto orangnya juga. Mungkin umat-umat Vihara ini, i don't know the details tho.

This is mine, the faithful dog.

Lilin-lilin berbentuk Teratai kuning buat Sembahyang dan ini harus beli. Ga gratis.

Lilin ini juga berfungsi buat sembahyang. Harganya aja yang beda.


Di sebelah kiri Vihara. Ada Kuil Buddha Sidharta Gautama dan Dewa Bumi yang ga kalah megah lalu ada beberapa pohon-pohon gede yang bikin adem.

 

Di sebelah kanan Vihara ada Kuil Dewi Kwan Im atau Goddess of Mercy.

Di dalem Kuil ada 1 Patung Emas Dewi Kwan Im yang gede banget pake jubah warna Pink, di depan Patung yang gede, ada banyak Patung Dewi Kwan Im yang kecil.

Praying to the Goddess of Mercy :)

I'm blessed!

Abis kelar sembahyang dan jalan-jalan di Vihara Wat Chayamangkalaram. Gua cabut ke Vihara yang satu lagi, cukup jalan kaki ke seberang udah nyampe. Iya, sedeket itu..

Vihara ini namanya Dhammikarama Burmese Buddhist Temple. Kalo Vihara sebelumnya adalah Vihara Thailand, yang ini adalah Vihara dari Myanmar.

The real meeting place between Human and God

Setelah masuk ke Vihara. Gua masuk ke salah satu Kuil paling depan. Ada Patung Buddha Raksasa lagi berdiri, tapi tetep kalah gede sama Patung Buddha Tidur.

Gua berasa kecil banget dah, disentil bisa mental jauh ke mana nih ya..

Kelar sembahyang di Patung Buddha Raksasa, gua jalan ke belakang kuil. Ada banyak patung-patung Buddha yang berbaris rapi, Patung Buddha-buddha ini berasal dari seluruh Dunia termasuk Indonesia.


Ada Indonesia, India, Thailand, Korea, Jepang, Myanmar, Malaysia, Filipina, Vietnam, Kamboja, Laos, Nepal, dan Sri Lanka.

Walaupun berbeda-beda bentuk, namanya ya tetep Buddha hehehe.


Ini tampak luar dari Kuil pertama yang gua kunjungin. Nah, yang ada di sebelah bola Globe namanya Panca-Rupa. Mereka bisa disebut juga The Guardian Protector, ya semacam binatang pelindung gitu.

Yang keren dari Panca-Rupa adalah mereka ternyata kombinasi dari berbagai binatang.

Kepalanya dari Chimera, Hidungnya dari Gading Gajah, 4 kaki berkuku dan 2 telinga dari Kuda, Tanduk dari Rusa, Badan dan ekor dari Ikan dan 2 sayap dari Burung Garuda.


Bro berat gak? gua bantu angkat yak..


Ini namanya Kuil Arahant Upagutta, yang keren dari kuil ini sekelilingnya itu kolam ikan yang isinya banyakkkk banget ikan Koi yang udah gede-gede. ngg.. boleh bawa pulang buat dibakar ga ya? *dikeplak sampe bego sama Biksu*

Di Kuil ini kita bisa minta berbagai macam permintaan kayak diberi kekuatan biar strong hadapin masalah, diberi kelulusan atau kesehatan dan juga bisa buat ngusir setan. tsadest..

Wishing Pond

Di sebelah Kuil Arahan Upagutta, ada Wishing Pond. Jadi di Kolam ini ada Patung dan di sekelilingnya ada banyak wadah besi yang ditulisin Success, Happiness, Good Luck, Happy Marriage, Higher Education, Health, Bon Voyage dan Prosperity.

Nah, wadah-wadah besi ini bakal muter-muter terus searah jarum jam, lalu kita harus lempar koin ke wadah sesuai tulisan yang kita mau. Kalo koinnya masuk wish kita bisa dikabulin. Gua pertama coba langsung masukin 2 koin ke 2 wadah. keren kan keren kan?!

Kelar masukin 2 koin dan percobaan lempar koin selanjutnya gagal terus. Gua pun menyerah, terlalu rakus wish juga ga baik. 2 aja cukup hehehe.

Ya semoga wish gua bisa terkabul deh. sadhu sadhu sadhu.. 


Majestic temple is majestic.

Salah satu fakta keren dari Kuil ini ternyata Kuil ini ngerayain Festival Song Kran juga kayak Festival di Thailand. Tau kan? Itu loh..

Festival di mana orang-orang keluar rumah terus nembak-nembakin air ke orang yang ga dikenal dan mereka ga boleh marah. Dengernya aja udah seru, apalagi ikutan coba..

Udah puas kelilingin semua sudut Vihara. Kami pun langsung pesen Grab cabut ke Batu Feringghi. It's beach time baby!!

Sialnya pas lagi on the way ke Pantai Batu Feringghi malah ujan deres, kampret.. Tapi pas nyampe ternyata udah berhenti tapi cuacanya tetep masih mendung.

Lu pade lagi halusinasi ya? bolanya mana?

Baru nyampe, liat anak-anak muda Malaysia lagi main Voli rame-rame. Kok seru amat.. Pengen ikutan tapi takut dicemplungin massa ke Laut, ga jadi deh ntar ga seru lagi. Gua cukup fotoin mereka main aja.

Vitamin sea!

It's time to recharge my energy. Entah kenapa gua bahagia banget tiap ke Pantai, ada semacam perasaan seneng bahagia gitu.

Tiap liat pantai, air laut yang ga ada ujungnya, suara ombak bawaannya hati tenang banget. Masalah mendadak ilang bentar, pokoknya Sea is my only vitamin.

I'M THE SON OF A BEACH!

Duduk-duduk dulu nikmatin Pantai..

You don't know how happy i am.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgzhc9NaLIXxnj7eLU48U-gYJNPNK45JWoNO0bQd_ZPIO9yCVR_rZxpfh7r0scW0qp9TMdDW6i-_q9Br4MCkEu42NZE-IOHkJbhH_TcDSr2UnANOZMtQWmVfJMy37U1NzVRRtvJwqMtmR4/s640/13445641_10204723991419430_9105870571699957555_n.jpg

Parasailing kayaknya seru nih..
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjtpQXVteMzFS1NQLzKBrzuh2mu-PUe51yriq7nqlrc_GRbY-GrdgtnCC4yrJ9r99evBEopE88_sBui3M4q1ce6LN3aT38S_HiR0bSkpWKqpMP2jDItkB1dks7YBV0pJXzV9GgJ4jxc2uY/s640/IMG_3892.JPG

Di Pantai Batu Ferringhi ini ada fasilitas water sport kayak Banana Boat, Parasailing, dan Jet Ski. Yang ga tertarik sama water sport, bisa santai-santai sambil Foot massage dan gambar tato Henna di pinggir Pantai.

Nah, belom lama duduk. Tiba-tiba disamperin abang-abang Malaysia. Kami ditawarin buat main Parasailing. Tuh penampakannya di foto atas.

Jadi Parasailing ini ada berbagai macem ukuran. Ada yang ukuran S, M, L. Ini kok gua berasa ditawarin beli Baju ya bukan Parasailing..

Oke lanjut. Beda ukuran pun beda harga. Yang L terbangnya bisa lebih tinggi dari ukuran S dan M, harganya 150 Ringgit = Rp 474.000 dan tentu saja Cici gua nolak harga semahal itu.

Yauda Abangnya pergi. selang beberapa menit Abangnya balik lagi ga mau nyerah, terus nurunin harga dari yang 150 Ringgit ke 80 Ringgit = 252.000.

Kan bangke ya mentang-mentang Turis terus dikasih harga 2 kali lipat. Hati-hati ya buat kalian yang berencana water sport kayak gini ke Luar Negeri, harus pinter-pinter nawar.

Cici pun kasian karena tau gua ga pernah Parasailing sama sekali seumur hidup terus iyain Abangnya. Gua lumayan seneng sih soalnya bisa nyobain sesuatu yang baru.

"When you scared to try something new, you won't have awesome experiences in your life."

Karena ini baru pertama kalinya, Gua bakal Parasailing ditemenin Abangnya. Gua pun dipasangin alat safety lalu nunggu Speed Boat buat siap-siap narik kami narik ke Atas.

Abang: oke are you ready?
Gua: okay.
Abang: in 3.. 2.. 1..
Gua: (dalem hati deg-degan bakal terbang tinggi) Kebetulan gua ga takut tinggi sih jadi ga terlalu jadi masalah. Cuma deg-degan karena ini pertama kali hahahah.

Speed boat pun ngebut. Gua terbang layaknya Burung, Burung yang ga punya sayap. Dari perasaan yang deg-degan jadi seneng. Seneng soalnya bisa terbang liatin seluruh Lautan dari atas, bisa liat Pegunungan.

THIS WAS LIKE THE FREAKIN STUNNING VIEW I HAD EVER SEEN IN MY FREAKIN LIFE! i couldn't describe how i felt. 

Gua diajak terbang selama hampir 10 menitan. Selama terbang cuma bisa speechless mengagumi indahnya Alam ciptaan Buddha. Holy mother of view..

Satu hal yang bikin gua sedih: ga bawa perlengkapan. Jadi ga bisa foto-foto pemandangan dari atas Langit.. Next time harus Parasailing lagi!

SERU BANGET PARAAHHH. MAU LAGI! MAU LAGI!

Setelah turun dari Parasailing, gua pun tiduran nyantai lagi nikmatin Pantai sambil nunggu cuaca agak adem baru main air.

Kursi ini sebenernya di Sewain. Satu kursi 10 Ringgit = Rp 32.000. Tapi karena udah Parasailing jadi digratisin hahaha.

Ini baru namanya "Nyantai kek di Pantai.."

Yang gua heran selama duduk di Pantai ini. Ga ada sama sekali Bule-bule yang lewat, biasanya kalo di Pantai kan seharusnya ada banyak Bule-bule cewe yang lagi tanning atau apa gitu ya.

Di Batu Ferringhi jangan harap ada begituan, ga ada sama sekali. Apa karna Pantai ini belom terlalu terkenal kali ya. Pengunjung kecewa bray, kecewa.. 

Makan dulu biar kuat ngambang di Laut.

Masih ngarepin cewe Bule lewat..

Udah bosen duduk-duduk nungguin cewe Bule lewat. Gua nyeburin diri ke Laut, berenang-berenang bentar sambil tanning badan biar item-item eksotis gitu. Cape berenang, Gua nyuruh Ponakan buat ngubur semua badan di dalem pasir.

Enggak pernah kepikiran sih, mumpung kepikiran kayaknya seru buat dicoba.

Sandman, soon will be one of the Avengers

Ga kerasa waktu udah pukul 5an sore dan gua pribadi berencana liat Sunset di Pantai. Tapi sayangnya Sunset di Malaysia lebih lama dari Indonesia yaitu pukul 7.30an.

Karna harus nemenin Bokap buat makan malem jadi kami harus langsung balik ke Hostel. Goodbye Batu Ferringhi, thankyou for gave me another awesome experiences.

Sendal paling keren sepanjang masa.

Dibuang sayang.


Driver gua dari Batu Feringghi menuju Hostel. namanya Teh, gua curiga nama Sodaranya adalah Kopi.


Selesai makan malem, Gua ga ada kerjaan, langsung cabut ke salah satu Mall deket Hostel buat nonton.

Nama Mallnya Gurney Plaza. Ini salah satu Mall yang gede dan lengkap banget di Penang.


Pas milih-milih film yang mau ditonton. Ternyata ada The Conjuring 2, di Malaysia tayang lebih cepet dari Indonesia. Lucky me! Jadi gua langsungg antri tiket The Conjuring 2.

Waktu lagi antri tiket. Di depan gua ada satu Cewe chinese lagi beli tiket Bioskop, tiba-tiba dia nengok ke belakang liatin gua. Gua yang diliatin lumayan lama bingung dong..

Terus dia bilang: na zhen me shuo? (itu gimana bilangnya?) sambil nunjuk Poster Warcraft.

Gua: ohh.. na shi Warcraft. (masih dengan tampang bloon.)

Lalu dia mesen tiketnya. Yang bikin gua heran adalah di Poster itu ada tulisan gede banget Warcraft dan dia bingung buat pesen hahahaha. Gua rasa cewe ini orang luar yang ga bisa Bahasa Malay sama Inggris, but it's okay. Glad to help her.

Sekali nonton 15 Ringgit = Rp.47000. Beda tipis lah sama Indo.

Keluar Bioskop udah pukul 11.30 malem. Gua pun cabut pulang ke Hostel buat Istirahat.. 

Another awesome day in Penang :)


No comments:

Post a Comment