Thursday 7 July 2016

Jogjakarta Part 1: Hotel Koala, Nol Kilometer dan Mitos Pohon Beringin Kembar

Sebelum trip ini dimulai, minggu sebelumnya gua diphpin Cici kalo mau diajak ke jalan-jalan ke Bandung. Pas hari H tiba-tiba batal pergi. Cukup kesel sih tapi yaude gua mah selow. *mencurahkan kekesalan di status Line*

1 minggu setelah batal ke Bandung. Tiba-tiba Cici gua BBM lagi, kali ini ngajak ke Jogjakarta, karena minggu depan bakal bertepatan sama hari Waisak jadi sekalian mau ngerayain di Candi Borobudur.

Gua pun setuju soalnya enggak pernah ngerayain Waisak di Candi Borobudur dan pengen banget liat Festival yang terkenal banget yaitu pelepasan 5000 Lampion ke Langit.

Alesan lainnya adalah Gua udah lama enggak ke Jogjakarta. Terakhir pergi waktu jaman Sekolah sekitar tahun 2012.

Cici pun beli tiket Kereta Api online buat 2 orang. Kenapa enggak naik Pesawat? Tiket Kereta Api lebih murah cuy dan mau ngerasain serunya naik Kereta Api hahahaha.


Singkat cerita, tanggal 19 Mei 2016. Hari keberangkatan pun tiba. Karena jadwal keberangkatan kereta pukul 8 pagi berangkat dari Stasiun Gambir, Kami bangun pukul 6 pagi. Tapi.. Bangun lebih pagi 2 jam dari jadwal keberangkatan pun sia-sia, gara-gara macet Jakarta yang hina banget.

Bayangin aja, pukul 7.45 aing masih terjebak macet di jalanan Harmoni dengan hati yang udah deg-degan kalo bakal ketinggalan Kereta untuk pertama kalinya.

Kami nyampe di Stasiun Gambir pukul 7.55 dan sialnya ternyata kode Kereta Api harus diprint dulu jadi tiket, which is bakal memakan waktu lagi.

Selesai print Tiket, Gua sama Cici lari-larian di Stasiun kayak orang bloon dikejer Zombie. Mau jalan-jalan harus olahraga dulu biar makin semangat....

Scene lari-larian di Stasiun pun enggak sia-sia. Kereta masih belom berangkat. Thank God..

Kami pun nyari tempat duduk sesuai seat yang udah tertera di tiket.

Ilustrasi tempat duduk di dalem Kereta. (Google)

Fasilitas di Kereta Eksekutif emang enggak mengecewakan. Ber-AC, tempat duduknya nyaman banget, ada papan meja buat makan, bantal dan yang paling penting ada colokan charger di sebelah tempat duduk.

Cuma 1 yang kurang, enggak ada Wi-Fi.. *fakir Wi-Fi gratis*

Untuk dapetin fasilitas ini cukup bayar Rp 380.000 per tiket.

Udah duduk nyantai, penumpang udah duduk di tempat masing-masing, Kereta Api siap berangkat dan perjalanan pun resmi dimulai!

Let's Go!

Pengalaman naik Kereta Api untuk pertama kali ternyata asik banget. Sepanjang perjalanan, pemandangan Sawah dan Gunung cukup manjain mata. *anak Kota norak*

Mau ngebajak Sawah pake Motor ya Bu?

Green, green everywhere!

Mendadak pengen jadi Petani gua..

Ga terasa udah duduk 8 jem. Kereta pun nyampe di Stasiun Tugu Jogjakarta. Ini kalo Pantat gua punya mulut pasti udah teriak-teriak minta tolong..

Jogjakarta!!

Wefie dulu Gann..

Geng Becak.

Pas jalan keluar dari Stasiun. Banyak Becak yang parkir berjejeran.

Gua langsung buka Google Map buat nyari lokasi Hotel yang udah dibooking, ternyata deket dari Stasiun. Jadi kami memutuskan buat naik Becak aja.

Wefie sama Kang Becak.

Saking udah lamanya, sampe lupa kapan terakhir naik Becak hahahaha.

Sekitar 10 menitan. Becak berenti didepan sebuah Hotel, namanya The Cabin Hotel dengan logo Koala lagi tidur pules. Lucu amat..

Ngangkat koper pun dicandid coba.. *tetep dipost juga*

The Cabin Hotel ini ukurannya relatif biasa-biasa aja, bukan Hotel mewah dan lebih cocok buat para Backpacker. Harga kamarnya pun bersahabat sama Dompet, per malemnya dari Rp 175.000 - Rp 270.000.

Sutomo (Kabin paling gede) 1 Queen Bed Rp 270.000.
Bhayangkara (Kabin kecil) 2 Single Beds+Toilet Pribadi Rp 250.000
Gandekan (Kabin Kecil) 1 Single Bed Rp 175.000

Untuk Kamar Sutomo dan Gandekan enggak ada Toilet pribadi jadi kalo mau mandi harus pake Toilet umum. Toilet umum ini ada di setiap lantai dan disediain 3 Toilet biar enggak ngantri kayak anak Kost hahahaha.

Toilet umumnya di paling ujung.

Yang bikin The Cabin Hotel ini beda dari yang lain adalah di lorong tiap lantai Hotel dipasangin AC.

Karena untuk kamar kelas Gandekan yang harganya paling murah enggak ada AC. Ribet-ribet unik ya ini Hotel.. Gua aja awalnya sempet dibikin bingung.

Kamar paling murah (Gandekan)



Karna di Hotel ini tiap lantainya ada AC, jadi ditutupin pake kaca etalase kayak begini.

Dekorasi Hotel pun didominasi wayang-wayang dan pernak-pernik yang bernuansa Jogjakarta banget. Di sisi-sisi tangga dihiasin taneman-taneman yang bikin adem.


Wayang-wayang versi Jogjakarta

Looking from the top.

View dari lantai paling atas Hotel.

The Cabin Hotel punya beberapa cabang di Jogjakarta. Buat yang ke Jogjakarta dan lagi nyari Hotel yang murah dan unik. Gua recommend banget The Cabin Hotel ini, untuk informasi lebih lengkap bisa cek www.thecabinhoteljogja.com

You are very welcome!


Kelar beres-beresin barang. Gua sama cici siap2 dan langsung jalan-jalan sore di Kota Jogjakarta. Tempat pertama yang kita kunjungin tentu aja Malioboro. Jalan kaki dari Hotel cuma 15 menit.

Wajib foto dulu sama Kuda.

Cici juga enggak mau kalah eksis.
Fotoin gua sendiri dong, lagi males foto sama Manusia. | Oke deh..



Karena saking terkenalnya Malioboro, Palang JL.Malioboro ini pun jadi Artis. Banyak banget yang mau foto sampe harus ngantri segala.






Katanya sih kalo enggak ke Malioboro, belom ke Jogjakarta. Jadi gua juga enggak mau ketinggalan foto bareng dongg.

Kelar foto-foto, saatnya jalan-jalan sore di Malioboro! Suasana di Malioboro waktu terakhir gua dateng sampe sekarang pun tetep sama.

Kiri-kanan pinggir jalanan dipenuhi Toko-toko, butik-butik, pedagang Baju dan yang jual pernak-pernik apapun ada. Yang suka shopping dan demen barang-barang yang harganya terjangkau pasti happy banget kalo ke Malioboro.


Selain shopping, pengunjung pun bisa wisata kuliner di Malioboro. Mulai menjelang malam bakal banyak banget orang-orang yang jual makanan di pinggir jalan.


Makanan pertama yang gua coba adalah Nasi Pecel. Nasi Pecel ini isinya Nasi Putih atau bisa ganti Mie atau Bihun, Sayuran, Ayam, Telor Puyuh, Tahu, dan Tempe. Lalu terkahirnya bakal disirem sambel kacang.

Banyak banget lauk yang bisa dipilih sesuai selera dan harganya murahh.

Hmm sepertinya enak.. *tolong abaikan perut Gua plis*

Foto dulu ah..

Nasi Pecel!

Nyamnyamm..

Belom puas makan Nasi Pecel, menu kedua yang jadi korban Gua adalah Gudeg. Makanan khas dari Jogjakarta yang wajib dicoba.



Lauk-lauk buat Gudeg pun ada macem-macem. Ada Ikan Goreng, Opor Ayam, Tahu, Tempe, Telor dan yang bikin Gudeg itu spesial adalah Nangka muda yang udah dimasak pake santan.

Gudeg asli Jogjakarta.




Selesai nyicip-nyicip makanan khas Jogjakarta. Kami lanjut jelajah Malioboro, makin malem jumlah manusia makin rame berlalu lalang.


Di Malioboro ada 1 Toko Souvenir yang khusus jualan Souvenir atau Oleh-oleh khas Jogjakarta yang lengkap banget. Namanya Hamzah Batik dan Toko ini setiap harinya selalu dipenuhin pengunjung.

Saking ramenya di pintu depan Toko ada spanduk absurd yang sengaja dipasang Pengelola.

COPET DILARANG MASUK WOI!

SADAR PET, SADAR!!!


Selain spanduk dengan tulisan larangan Copet buat masuk. Ada juga tulisan yang kampret banget.

Bagi yang lagi shopping dan lagi depresi atau patah hati coba hubungi nomor di atas atau mau nomor gua juga boleh kok HEHEHEHEH.


Souvenir yang paling menarik buat Gua adalah ini. Jari-jari, Hidung dan Kuping yang putus.. Kenapa enggak sekalian bikin gantungan kunci dari Kepala gitu? Tanggung amat.

Bagi yang merasa kehilangan Jari Telunjuk, hubungi gua secepatnya.


Behind the scene foto diatas hahahaha.

Di lantai paling atas Hamzah Batik ada Rumah makan yang namanya The House of Raminten. Pengunjung yang selesai shopping bisa makan atau sekedar nongkrong-nongkrong nikmatin suasana Kota Jogjakarta.


Rumah makan ini mostly bernuansa Jawa. Dari alunan musik, seragam yang dipake Pelayan-pelayan dan ornamen-ornamen di dalem Rumah makan.


The House of Raminten juga sebagian besar dibikin dari Kayu yang bikin Rumah makan ini terlihat tradisional dan klasik.


Udah pernah liat Kuda ngiler belom? HAHAHAH

Belom beberapa jem, perut udah ngemis minta makan lagi. Gua mulai menggunakan teknologi Google lagi buat bantu cari makanan paling terkenal di Jogjakarta. Terpilihlah Nasi Goreng Beringharjo.

Nasi Goreng porsi kuli!

Lokasi Nasi Goreng Beringharjo ini enggak jauh dari Malioboro, bisa jalan kaki. Buat yang takut tersesat bisa buka Google Map atau Waze. Kalo mau cepet bisa naik Becak.

Rasa Nasi Goreng Beringharjo sebenernya sama kayak Nasi Goreng pada umumnya.

Bedanya adalah Nasi Goreng Beringharjo bakal dimasak banyak sekaligus di Wajan yang super gede. Jadi ketika ada Customer yang order, Nasi Goreng udah siap disajikan.

Porsinya pun banyak bisa buat makan 2 orang dan harga sepiring Nasi Goreng cuma Rp 8.000! Perut dan dompet sama-sama senang, vice versa!

Menu-menunya pun bervariasi: dari Nasi Goreng Ayam, Nasi Goreng Babi, Nasi Goreng Seafood, Nasi Goreng Kambing, Nasi Goreng Pete. Selain Nasi Goreng, ada Bihun, Mie dan Babi Kecap.

Buat yang mau nyobain, bisa dateng pukul 6 sampe 11 malem di jalan Pabringan No.1 Jogjakarta.


Di Malioboro, ada Kawasan yang namanya Nol Kilometer. Kenapa namanya Nol Kilometer? Karena Kawasan Nol Kilometer ini sebuah titik yang jadi patokan penentuan jarak antar daerah di Jogjakarta atau kota-kota lain di luar Jogjakarta.

Pas malem, di sepanjang Kawasan Nol Kilometer bakal jadi tempat abege-abege nongkrong dan juga jadi tempat berkumpul komunitas-komunitas.

Di Area ini juga ada Monumen Serangan Umum Satu Maret yang biasanya sering dipake buat konser musik.

Selain buat tempat nongkrong. Kawasan Nol Kilometer ini juga jadi tempat pameran Binatang-binatang dan tempat ajang Cosplay.

Apa cuma gua yang mikir Uler-uler ini mirip Poop?

PENGEN BAWA PULANGG.

CIYE MALU-MALU GITU..

Uler dan Burung Hantu diatas bukan cuma buat diliat aja. Pengunjung juga bisa foto bareng binatang-binatang ini.

Tapi bayar.... Selalu ada cara buat nyari duit ya..

Ngomong-ngomong tentang bayar. Gua kan pengen foto burung-burung Hantu ini, nah pas mendekat. Abangnya teriak-teriak dengan sarkasme gitu tapi engga langsung tertuju ke Gua. Tapi gua tau lagi disindir, Setan..

BUAT YANG MAU FOTO-FOTO BOLEHH, ASAL BAYAR YAAA..

Gua pun buru-buru foto. Pura-pura bloon dipanggil Cici terus ngibrit pergi ninggalin Abangnya HAHAHAHA.

Mumi, Pocong sama Drakula kalo diberantemin, siapa yang menang ya? hmm..

Selain pameran Binatang-binatang. Ada juga Cosplay-cosplay dari berbagai macem karakter film dan Setan-setan dari Berbagai negara.

The God of Death.

 Dewa Kematian kayak enggak ada harga dirinya gini ya, dimintain foto sama Manusia coba hahahah.

With ma Bro.

Para pengunjung pun bisa foto-foto keren sama Cosplayer dan tentunya harus bayar juga.

Karena ada Karakter Favorit gua dari Transformers, Gua pun tertarik buat foto bareng Bumblebee.

Bayar ceban bisa foto 3 kali. Kok cuma ada 2 foto Sut? 1 lagi burem Nyet..

Akur bentar langsung ngajak berantem si Kampret.



Buat yang pengen nikmatin musik jalanan, biasanya malem-malem di depan Mall Jogjakarta bakal ada Grup Musik yang perform pake alat musik tradisional Jogjakarta.

Penonton pun banyak yang ikut joget selagi mereka perform hahahaha. 


Mobil-mobil paling Gaul di Jogjakarta.

Selain Malioboro, tempat terkenal dan wajib dikunjungin waktu liburan di Jogjakarta adalah Alun-alun Kidul atau Keraton Jogjakarta.

Kalo mau ke sini lebih baik pas malem hari, karena aktifitas di sini biasanya bakal di mulai malem hari.


Di Sepanjang jalanan Alun-alun Kidul, kalian bakal liat banyak mobil-mobilan yang dihias pake lampu LED dengan berbagai bentuk karakter Kartun dan di dalem Mobil dipasangin MP3 dengan lagu-lagu hits yang bikin suasana jadi rame.

Walaupun bentuknya Mobil tapi enggak dikendarain pake Mesin, Mobil ini bakal jalan dengan dikayuh kayak sepeda.


Mobil-mobil ini disewain buat Pengunjung yang penasaran pengen ngendarain. Buat sekali puteran sekitar Rp 15.000-20.000.




Alun-alun Kidul terkenal dengan ikon Pohon Kembar Beringinnya.

2 Pohon Beringin Kembar ini sering dikaitkan sama Sultan Hamengku Bowonno VI dan Nyi Roro Kidul.

Adapun tradisi di Pohon Beringin Kembar ini yaitu Tradisi Masangin. Jadi Masyarakat Jogjakarta percaya, kalo ada orang yang bisa jalan ngelewatin Pohon Beringin Kembar dengan mata tertutup. Permintaannya bakal dikabulin.

Nyatanya pas kemarin Gua liat sendiri, banyak orang yang coba buat jalan ngelewatin Pohon Kembar Beringin ini. Kebanyakan enggak berhasil, padahal jarak dari satu Pohon ke Pohon yang lain lumayan lebar.

Ada juga yang curang dengan dibantu bisikan dari temennya. si Kampret *keplak* :))


Sebagian dari Masyarakat juga percaya, kalo 2 Pohon Beringin Kembar ini adalah gerbang gaib yang menghubungkan Keraton Jogja sama Pantai Selatan yaitu Istana Ratu Nyi Roro Kidul. Hmm..

Karena udah malem dan capek. Cici pun ngajak pulang buat istirahat di Hotel.

Tapi entah kenapa gua kalo lagi liburan selalu punya energi yang enggak abis-abis. Gua pun nyari Cafe di sekitar Hotel buat nongkrong.

Ketemulah satu Bar yang masih buka, Lucifer Bar & Resto.

Lucifer Bar (Google)


Ketika masuk ke Bar, Kursi dan Sofa udah hampir dipenuhi Bapak-bapak dan anak-anak Muda Jogjakarta. Gua pun duduk di deket Bar.

Di Bar ini juga ada Live Music buat menghibur para Pengunjung. Genre musik yang disajikan setiap hari berbeda-beda.

Hari Senin = Reggae
Hari Selasa =  Top 40s
Hari Rabu = All Around
Hari Kamis =Classic Rock
Hari Jumat = R&B
Hari Sabtu = Reggae
Hari Minggu = Jazz

Karena gua datengnya hari Kamis, jadi lagu yang dinyanyiin bergenre Classic Rock. Dari lagu Indonesia sampe Barat.

Ya walaupun Gua bukan penggemar musik Rock, Gua tetep terhibur sama performance Rocker-rocker yang fun di Bar ini.

Lucifer Bar & Resto buka setiap hari dari pukul 9 malem - 1 dini hari.



Setelah puas nikmatin Live Music Classic Rock sambil menikmati sebotol Bir dan sepiring French Fries. Live Music pun berakhir dan Bar siap ditutup.

Gua dan Pengunjung yang lain pun satu per satu meninggalkan Bar dan pulang ke Hotel masing-masing untuk menyongsong hari esok yang cerah.


BACOT SUT, GAYA LU MENYONGSONG MENYONGSONG!!

No comments:

Post a Comment