Saturday 16 July 2016

Jogjakarta Part 4: Travelling Hemat, Bukit Bintang dan Hangatnya Wedang Ronde

Tepar selama seperempat hari. Dalam keadaan masih ngantuk banget dan sempoyongan, gua dipaksa bangun sama cici.

Selesai makan siang, kami langsung check out Hotel lalu nyari Rental mobil buat balik ke Malioboro, Jogjakarta.

Ketemu beberapa Rental tapi harganya mahal dan akhirnya kami memutuskan ke Terminal deket Candi Borobudur buat naik bus metromini. Iya.. Bus sejenis metromini khusus antar kota yang enggak ada AC sama sekali dan harganya per tiketnya cuma Rp 25.000.

Terminal bus.

Dateng keluarin duit Rp 350.000, pulang cuma Rp 25.000. Travelling mode hemat hahahaha.

Di tengah perjalanan naik bus tiba-tiba turun hujan deras banget, angin kenceng masuk dari jendela dan jadi AC alami penumpang. Buddha emang selalu mendatangkan bantuan di waktu yang tepat. Mantap.

Setelah 2 kali transit di Terminal lain. Kami turun di perhentian terakhir dan lanjut naik Trans Jogja ke Malioboro. Untuk harga 1 tiket cuma Rp 3.500.

Transnya Jogja.

Kami pun turun di Halte Malioboro 1 dan langsung check-in di Hasian Malioboro Hotel.

Nothing special sih dari Hotel ini, paling cuma dekorasi lobbynya yang lumayan interesting dan Hotelnya deket banget dari Malioboro. Tinggal jalan keluar udah nyampe.

Lobby Hasian Malioboro Hotel.

Kelar beres-beres, cici ngajak gua pergi ke Bukit Bintang. Enggak enggak.. Bukan diajak ke Bukit Bintangnya Kuala Lumpur. Tapi ke Bukit Bintang versi Jogjakarta yaitu Bukit Bintang Patuk Gunung Kidul.

Karena jarak dari Malioboro ke Bukit Bintang jauh, kalo naik mobil sekitar 40 menit, unless ada orang yang cukup gila nekat jalan kaki selama 3 jem lebih.

Gua pun coba order Grab atau Uber, tapi sayangnya driver ojek atau mobil online di Jogjakarta masih dikit. Jadi susah dapetin driver.

Setelah setengah jem enggak dapet-dapet driver, akhirnya kami nyetop taxi di pinggir jalan yang penting nyampe lokasi.

Lewatlah 1 taxi dan kami berangkat ke Bukit Bintang. Oiya ada tips penting buat yang mau pergi ke Bukit Bintang. Jadi di Bukit Bintang ini di daerah bukit. *YOU DON'T SAY, SUT?!*

Karena bukan di daerah perkotaan, untuk pulangnya bakal susah banget nyari taxi . Jadi gua saranin lebih baik minta no HP abang taxinya dan kalian janjian minta dijemput lagi. Bebas bisa jemput jem berapa aja.

Untuk one way pake argo taxi sekitar Rp 60.000an. Pulang pergi ya paling Rp 120.000an.

Nyampe di Bukit Bintang udah malem dan cuaca lagi gerimis, selama perjalanan ke sini hujan deres banget.

Bukit ini memang layak dijulukin Bukit Bintang karena dari tempat ini kita bisa liat seluruh lampu kota Jogjakarta dari atas bukit yang berkelip-kelip layaknya bintang-bintang yang bertaburan di Angkasa. Keren parah!

Makanya waktu terbaik dateng ke sini pas malem hari. Tapi bisa juga sih dateng pagi atau siang, jadi kalian bisa liat pemandangan kota Jogjakarta lebih jelas. But still, night view still the champion.

The whole Jogjakarta's lights.

Karena di daerah perbukitan dan banyak pohon rindang. Suhu di sini pun dingin, mirip Puncak atau Bandung gitu deh..

Di Bukit Bintang pun didominasi warung-warung makan, cafe dan restoran yang dibangun bertingkat di pinggir bukit. Tujuannya biar pengunjung bisa nyantai sambil nikmatin pemandangan.

Waktu ke sini, banyak banget anak muda dan pasangan yang dateng nongkrong di sini. Sekedar buat hangout sambil hunting foto atau pacaran karena tempat ini memang romantis banget.

Buat yang berstatus double, tempat ini recommended banget buat kalian biar hubungan makin mesra. Tapi satu hal yang perlu diinget, jagalah toleransi. Karena banyak juga yang dateng sendirian. Iya.. Sendirian.. Kalian tau kan maksud gua? Oke bagus.

Jogjakarta at night is so heartwarming.

Udah sipit, difoto pake flash. Mata ilang. Siap.

Setengah jem sebelum mau pulang. Gua telepon abang taxinya untuk jemput lagi.

Nyampe di Malioboro udah malem, toko di sekitar satu per satu mulai ditutup. Karena belum mau pulang dan udara dingin banget, akhirnya gua mampir ke salah satu gerobak pinggir jalan yang jual Wedang Ronde di daerah Malioboro.

Wedang Ronde, wuenakk!

Wedang Ronde ini adalah sup hangat dengan rasa jahe yang berisi potongan roti kecil, kolang-kaling, bola-bola dari tepung ketan dan kacang tanah yang gurih.

Biasanya disajikan dalam mangkok ukuran sedang dengan nampang kaca mungil. Cocok banget buat diminum ketika cuaca lagi dingin, bisa bantu hangatin badan.

Walaupun bentuk luarnya abstrak tapi rasanya enak banget. Gua yang pertama kali nyoba, minum sampe enggak ada setetes pun di mangkok. Mantap.

Harga untuk seporsi pun cuma Rp 5.000. Yang mau cobain bisa mampir ke Malioboro dan Alun-alun waktu malem hari.

Jangan dateng subuh-subuh, abangnya udah pulang tidur sama bini.

Badan udah hangat, perut udah kembung dan udah hampir tengah malem. Gua pun pulang ke Hotel untuk istirahat, ngisi tenaga buat besok.

Bentar-bentar.. Sebelum nutup post ini. Gua kok ngerasa post ini pendek ya, gara-gara bangun kesiangan nih.. *toyor pala sendiri*

Biasanya nulis panjang lebar kali tinggi jajaran genjang kuadrat kubik mean median modus logaritma.

Ah sudahlah.. Walaupun lebih pendek dari post-post sebelumnya, semoga bermanfaat buat yang baca ya. Cheers!