Wednesday 13 July 2016

Jogjakarta Part 3: Prosesi Perayaan Waisak Terbesar di Candi Borobudur

Bangun pagi buka hordeng Villa disambut kolam super mini. Ini untuk pertama kalinya gua dapet Villa yang ada Kolam kecil begini. Surprising yet unique, i love it.

View from my comfortable room.

Karena kolamnya kecil ya enggak bisa berenang cuma khusus buat berendam lucu-lucu aja.

A cool mini pool hahaha.

Jadi di Cempaka Villa ini ada masing-masing blok. 1 blok isinya ada 4 kamar yang saling berhadapan dan ada masing-masing 1 teras yang memisahkan kamar satu dengan yang lain. Kalo buka hordeng udah bisa liat kamar tetangga di seberang.

Anyway sepeda-sepeda itu bukan buat pajangan aja, tamu hotel bisa sewa buat jalan-jalan disekitar lokasi Villa.

Pintu untuk masuk ke blok.

Ngeteh dulu cuy..
Enjoying free breakfast and local view.

Setelah kelar sarapan, Gua sama cici langsung nyari informasi begimana cara ikutan prosesi Waisak di Candi Borobudur dari resepsionis Villa.

Ternyata dari pihak pengelola Cempaka Villa udah nyiapin fasilitas buat bantu tamu hotel dapetin kartu peserta. It makes everything easier!

Jadi untuk ikut prosesi Waisak di Candi Borobudur perlu kartu peserta. Harga kartu peserta Rp 100.000 per orang dan udah termasuk tiket untuk ikut festival pelepasan 5000 lampion atau Light of Peace.

Kami pun setuju karena enggak mau ribet hahahaha. Setelah itu kami langsung dianter ke lokasi Candi Mendut dengan 2 motor sama mbak-mbak dari Cempaka Villa.

Kenapa Candi Mendut? Karena kartu peserta cuma bisa didapetin di sini dan proses awal Waisak dimulai dari Candi ini.

Sampe di Candi Mendut, kami harus nunggu di depan gerbang sembari nunggu mbaknya dapetin kartu peserta. Enggak lama nunggu, mbak pun keluar dengan bawa 2 kartu peserta dan minta harga Rp 300.000.

Rp 200.000 untuk 2 kartu peserta dan Rp 100.000 untuk 2 mbaknya, masing-masing gocap. O.. ke.. deh.. itung-itung ongkos udah bantu dan nganterin dari Villa ke Candi Mendut.


Kartu peserta, tiket Light of Peace atau pelepasan lampion dan sebuah stiker.

Stikernya nanti buat nulis wishes dari kita masing-masing lalu ditempelin ke lampionnya.


Waktu liat disekitar lokasi, ternyata ada beberapa anggota dari panitia acara Waisak ini yang nawarin kartu peserta juga dan cuma dipungut biaya Rp 100.000 per tiket.

Jadi buat umat-umat yang tahun depan mau ikut prosesi Waisak di Candi Borobudur lebih baik langsung dateng ke Candi Mendut aja. Enggak perlu minta bantuan dari orang lain yang harus keluar duit lebih banyak.


Kartu peserta udah ditangan, kami langsung masuk ke Candi Mendut. Persiapan prosesi dimulai pukul 10 pagi sedangkan jem masih menunjukkan pukul 9 pagi. Jadi masih ada 1 jem buat keliling Candi Mendut.

By the way seharusnya prosesi Waisak hari ke-1 udah dimulai dari hari sebelumnya dengan ritual pengambilan air berkah dari Umbul Jumprit dan pengambilan api alam dari Merapen di Candi Mendut. Tapi karena enggak sempet jadi kami ikut prosesnya di hari ke-2.

Jadwal lengkap prosesi Waisak 2016

Pengertian air berkah, api alam dan pelepasan lampion.

Candi Mendut!


Dinding Candi dihiasi relief Boddhisatwa diantaranya Awalokiteśwara, Maitreya, Wajrapāṇi dan Manjuśri.

Di dalem induk Candi ada 3 Arca Buddha yang gede:

1. Dhvani Buddha Wairocana dengan sikap tangan Dharmacakramudra dan di depan Arca Buddha ada relief berbentuk roda dan diapit sepasang Rusa lambang Buddha.

2. Di sebelah kiri ada Arca Awalokiteswara (Padmapani)

3. Di sebelah kanan ada Arca Wajrapani.



Umat lagi sembahyang di dalam Candi Mendut

Tak boleh lupa foto-foto.

Hmm lagi fotoin saya ya, Bu?

Waktu gua lagi keliling di sekitar Candi. ternyata lagi ada kegiatan syuting, tapi entah buat Sinetron atau FTV apa karena gua enggak ngenalin muka-muka aktor dan aktrisnya hahaha.

Hampir pukul 10.00, kami langsung ke tempat yang udah disediain panitia buat berkumpul untuk mulai prosesi Waisak.


Amitofo.

Udah rame aje.

Umat-umat Buddha dari seluruh penjuru Indonesia dan para reporter dari berbagai stasiun TV mulai berkumpul dan ternyata dress codenya harus serba putih, sebenernya enggak harus juga sih soalnya ada sebagian yang berpakaian bebas juga. Tapi diwajibkan pake baju dan celana putih tujuannya buat memperingati hari yang suci. Gitu..

Karena mau terlihat total buat ngejalanin prosesi Waisak ini, gua sama cici pun beli baju dan celana putih di kantor sekretariat Candi Mendut yang di mana tempat jual kartu peserta juga.

Untuk 1 set baju dan celana putih polos dengan tulisan Walubi harganya Rp 100.000.

Walubi adalah nama dari panitia prosesi Waisak.



Di sebelah kantor sekretariat juga ada stand yang jual air minum berkah.

Biar berkahh.

Air berkah ini diambil dari mata air umum di Umbul Jumprit, Jawa Tengah. Untuk sebotol, umat bisa bayar seikhlasnya sekaligus untuk amal.


Prosesi Waisak pun dimulai, diawali penghormatan kepada Buddha Sidharta Gautama dan tarian tradisional dari salah satu sekolah Buddha.


Prosesi pun dilanjutkan dengan baca sutra dan doa oleh Bhiksu-bhiksu dari beberapa negara dengan masing-masing bahasa dan komunitas-komunitas umat Buddha dari seluruh Indonesia secara bergantian.

Umat-umat pun ikut baca sutra dengan lantang dan lancar sedangkan gua cuma bisa bersikap berdoa dan dengerin aja hehehe. *aing enggak apal..*

Mungkin dia sudah lelah..

Selain umat-umat beragama Buddha. Ada banyak umat beragama lain dan turis dari berbagai Negara yang turut ikut prosesi acara Waisak juga.

Biksu-biksu dari Indonesia.

Setelah pembacaan sutra dan doa oleh masing-masing Majelis selesai. Prosesi bakal dilanjutkan pawai dari Candi Mendut ke Candi Borobudur. Panitia pun mulai mengumumkan urutan jalan sesuai Majelis masing-masing biar selama perjalanan barisan rapi dan teratur.

Karena gua sama cici pake baju dari Walubi, jadi kami ikut barisan panitia. Mantap.

Kami dibentuk 3 barisan ke belakang sesuai Majelis masing-masing lalu jalan kaki dari Candi Mendut ke Candi Borobudur.

Sepanjang jalan dari Candi Mendut ke Candi Borobudur ditutup buat umum. Warga-warga sekitar pun berhenti beraktifitas dan mulai ngumpul di pinggir jalan buat liat umat-umat yang lagi pawai.

Pihak dari aparat keamanan pun turun ke lapangan buat jaga situasi tetep kondusif biar perjalanan Pawai lancar.

Jalanan penuh umat-umat Buddha.

Segerombolan bule yang penasaran hahaha.

Salah satu Majelis Buddha.

Lautan manusia, freakin crowded.


Sekali-sekali selfie kaga dosalah ya..


Lagi wefie, bocah sebelah diem-diem ikutan HAHAHA.




Suka-suka lu olang aja dahhh.

Setelah jalan kaki 2 jem lebih. Kami pun sampe di pelataran utama Candi Borobudur. *Mbak pijet mana mbak pijet*



Di pelataran utama ada Patung Buddha Sidharta Gautama yang gede dengan background Candi Borobudur.




Biksu atau Bhante.

Di sini pun ada kejadian absurd sebelum foto di atas diambil. 

Jadi ada Bhante (sebutan untuk para Biksu) yang lewat lalu para umat minta foto bareng. Bhante ini dari luar negeri karena beliau ngomong pake bahasa inggris yang lumayan fasih.

Ada ibu-ibu yang minta foto bareng sama Bhante dan karena terlalu deket. Bhante pun bilang:

Bhante: not too close ah, not too close! Can not take photo two people. There must be 1 more men between us.

Lalu 1 orang cowo ikutan foto bareng Bhante dan ibu-ibu itu.

Ternyata seorang Biksu enggak boleh foto berdua sama cewe, haram hahahaha.


Para Bhante.

Prosesi Waisak pun dilanjutin. Semua Biksu berkumpul di pelataran untuk mulai ritual berikutnya dengan baca sutra dan penghormatan ke Buddha Sidharta Gautama yang dipimpin oleh kepala Bhante yang khusus dateng dari Thailand yang udah berusia hampir 100 tahun. Awesome!

Ada pemandangan yang sangat mengganggu waktu ritual ini berlangsung. 1 Biksu paling depan di area tengah main handphone dengan santainya instead of fokus dengan ritual dan enggak nyadar kalo lagi diliatin umat-umat. Annoying parah, Biksu pun ada oknum yang enggak ada attitude.

FYI, para Biksu menghadap ke Patung Buddha selama Ritual.



Penyiraman Rupang Buddha, penyiraman ini sebagai bentuk penghormatan kepada Buddha juga sebagai simbol kesejukan, kedamaian, dan kebahagiaan.

Selesai ritual, acara bakal dilanjut 1 jem lagi jadi para umat bisa istirahat atau keluyuran di sekitar Candi Borobudur.

Karena sebentar lagi Candi Borobudur akan ditutup buat umum. Gua sama Cici pun enggak mau kehilangan kesempatan buat foto-foto di atas Candi Borobudur.

Sebelum naik ke Candi Borobudur. Ada stand yang menarik perhatian Kami. Stand yang penuh teratai yang bagus banget.


Teratai-teratai ini dibuat dari kertas origami dan teratai dijual untuk keperluan ritual.

Untuk teratai yang gede harganya Rp 1.000.000, privilage kalo beli teratai yang gede adalah umat bisa nulis wish apapun di teratainya dan pada tengah malem waktu ritual, teratai-teratai ini dibawa ke puncak Candi Borobudur lalu akan diberkati oleh kepala Bhante.

Untuk teratai yang kecil harganya Rp 50.000 dan bakal dibawa keliling Candi Borobudur untuk ritual tengah malem nanti.

Cici pun beli teratai yang gede karena mikir ritual ini cuma dirayain 1 tahun sekali, enggak ada salahnya dibeli dan kebetulan pahlawan-pahlawan lagi males nongkrong di dompet akhirnya gua cuma beli teratai yang kecil hehehehe.


Selesai transaksi teratai, kami lanjut jalan ke atas Candi Borobudur.

Candi kebanggaan umat Buddha di Indonesia.

With the biggest Temple in the World.



Seneng banget bisa balik lagi ke situs warisan dan Candi terbesar di Dunia ini.

Di Candi Borobudur ada 6 teras berbentuk bujur sangkar yang diatasnya ada tiga pelataran melingkar. Di dinding-dindingnya dihiasi 2672 panel relief dan aslinya ada 504 Arca Buddha. Candi ini juga punya koleksi relief Buddha paling lengkap dan terbanyak di Dunia. Keren!

Stupa utama terbesar ada di bagian tengah sekaligus jadi mahkota Candi ini yang dikelilingi 3 barisan melingkar 72 Stupa berlubang yang di dalemnya ada Arca Buddha lagi duduk bersila.

Nah di Candi Borobudur ini ada 1 satu mitos, namanya mitos Kunto Bimo. Yang dipercaya masyarakat sekitar Borobudur, kalo siapa aja yang bisa nyentuh bagian tertentu dari badan Arca Buddha yang ada di dalem Stupa maka bisa dapet keberuntungan atau keinginannya bisa terkabul.

Arca Buddha dengan posisi tangan Dharmachakra. (Google)

Ada yang bilang kalo buat pria harus nyentuh jari manis atau jari kelingking dari Arca Buddha yang dalam posisi tangan Dharmachakra, sedangkan wanita harus pegang telapak kaki, tumit atau ibu jari kaki dari Arca Buddha.

Karena mitos itu, Arca Buddha pun terkenal dengan nama Arca Kunto Bimo. 

Kenapa gua tau mitos ini? Dulu waktu perpisahan sekolah tingkat SMP, gua dan temen-temen sekelas pernah coba karena disuruh seorang guru hahahaha.

Tapi karena dengan terus-terusan menyentuh Arca Buddha, lama kelamaan bisa ngerusak Stupa. Jadi untuk mitos ini pun udah enggak ada yang ngelakuin dan dilarang pihak dari Candi Borobudur.


Bicarain mitos, gua jadi inget kejadian konyol waktu pertama kali dateng ke sini. Salah satu temen gua yang inisial namanya Billy, terkenal dengan sifatnya yang iseng banget.

Karena banyak bule yang dateng ke Candi Borobudur ini, dia pun ngeledek salah satu bule dengan bahasa Indonesia dan enggak disangka ternyata..


..bulenya ngerti lalu ngeledek balik!

Ekspresi kami? SHOCK SEKALIGUS NGAKAK. Lalu kami pura-pura enggak kenal dan perlahan ngibrit ninggalin Billy sendirian HAHAHAHAHAH. Malu-maluin parah, bukan temen bukan temen..

It was good to be back! :)


Dress code: all white.

Belom kelar kelilingin semua sudut Candi Borobudur, tiba-tiba ada pengumuman dari speaker kalo Candi Borobudur bakal ditutup. Kami pun turun lalu nyari makan malem.

Jadi begini toh rasanya diusir..

Selesai makan malem dan jem udah menunjukkan pukul 18.00 malem. Panitia pun mengarahkan kami ke Taman Lumbini buat Seremonial Dharmasanti Waisak.

Seremonial Dharmasanti Waisak ini bakal diselenggarain di sebuah venue yang gede banget.

Menurut perkiraan gua bisa menampung 1000an orang. Yang spesial adalah acara ini dihadiri langsung oleh Wakil Presiden Indonesia, Menteri-menteri dan Gubernur.


Sambutan dari Wakil Presiden. (Google)

Menteri-menteri dan para Biksu.

Sayangnya enggak ada Presiden Indonesia, Pak Joko Widodo. Soalnya beliau masih kunjungan di Korea Selatan.

Acara ini berlangsung selama 2 jem yang berupa tarian dari sekolah Buddha, drama musikal pencapaian Buddha Sidharta Gautama, sambutan dari Wakil Presiden dan lain-lain.


Drama musikal Buddha Sidharta Gautama


Aktor Buddha Sidharta Gautama.

Singkat cerita, Seremonial Dharmasanti pun selesai dan pak Wakil Presiden beserta Menteri-menteri udah ninggalin venue.

Acara berikutnya adalah acara utama dari perayaan Waisak yang paling gua tunggu-tunggu. Persiapan pelepasan lampion, I'M SO DAMN EXCITED!!

Kami semua pindah ke lapangan yang luas dan duduk di masing-masing spot yang udah disediain lilin dari panitia.


Pantat udah enggak tahan duduk, pengen cepet-cepet nerbangin lampion..

The most important stuff to make this event success!

Sebenernya waktu lagi seremonial dan sebelum ke lapangan, turun ujan deres banget. Makanya lilin dan tempatnya sampe basah dan susah banget dinyalain..

Untung langsung reda sebelum pelepasan. Kalo enggak kan berabe..

Sebelum pelepasan lampion massal ke langit. Dari panitia mendemontrasikan dulu cara-cara untuk nerbangin biar enggak salah.

Buat nerbangin, kami dibentuk jadi 1 tim yang isinya 4 orang. Kenapa dibentuk tim segala? Karna lampionnya gede banget, jadi enggak mungkin diterbangin sendiri dan harus kerja sama.

2 orang bertugas buat megangin sisi-sisi Lampion, 1 orang nyalain api, dan 1 orang lagi narik lampion ke atas biar waktu api dinyalain, apinya enggak bakar sisi atas lampion. 

Cici tugasnya megangin sisi lampion.

Karena Gua orang penting jadi tugasnya juga penting dong, nyalain api. *mantap*

Pada sibuk nyalain lampion.

Voilaaa, lampion jadi dengan sempurna. *bangga*

Setelah jadi. Lampion pun siap buat diterbangin bareng-bareng, sebelum dilepas. Kami harus tempel stiker teratai yang udah ditulis wishes masing-masing di lampionnya. 

Stiker udah ditempel, semua tim udah pegang lampion masing-masing. Dengan aba-aba dari panitia.

3... 2... 1...

Lampion-lampion yang menyala pun terbang bebas ke langit dicampur sorakan bahagia dari umat-umat.





Karena ada 5000 lampion, jadi ada beberapa kali penerbangan sampe lampion habis diterbangin semua.

Tapi gua udah enggak fokus buat penerbangan berikutnya, cuma dongak ke atas sambil mandangin pemandangan yang enggak pernah gua liat sebelumnya. i'm freezing yet amazed.




Gua berasa jadi orang yang paling beruntung dari ribuan orang yang beruntung. Karena pemandangan kayak begini biasanya cuma bisa liat di Google atau dari foto Instagram orang lain sambil mikir "kapan ya gua bisa liat sendiri?"

Dan.. sekarang gua lagi menikmatinya dengan mata gua sendiri. I'm a freakin luckiest bastard. Thanks to Buddha for giving me this such surreal view, this sky full of lanterns is unforgettable moment ever indeed!

Five thousands, five freakin thousands lanterns.

Bulan pun menemani para lampion menari di atas langit.

Light of peace.

It's so amazing, i couldn't stand it.

The sky full of lanterns.

Yok mari nyanyi lagunya Coldplay.

Cause you're a sky, cause you're a sky full of lanterns~

*Dongak bloon ke atas*

*Masih dongak sampe leher pegel*

May our wishes come true!

Light of peace atau pelepasan lampion ini bukan buat sekedar lepasin lampion gitu aja tanpa makna. Festival ini masih masuk dalam prosesi ritual Waisak.

Tujuan diterbanginnya lampion ke atas langit merupakan pengharapan para umat Buddha buat keadaan yang lebih lagi, semacam make a wish. Gitu deh..




Setelah lampion-lampion udah terbang jauh dan enggak terlihat lagi. Semua umat diminta panitia balik ke pelataran utama buat melanjutkan ritual Waisak.

The majestic Borobudur Temple.

Pemandangan Candi Borobudur setahun sekali waktu malem di hari Waisak. Lucky me bisa liat Candi Borobudur yang semegah ini. Biasanya cuma liat waktu siang hari ato sore aja.

Kalo mau liat pemandangan begini, lebih baik dateng malem hari waktu Waisak. Kalo untuk hari biasa sepertinya enggak ada harapan karena ditutup.


Sebelum ritual dimulai, beberapa penyanyi membawakan lagu-lagu Buddhis dengan suaranya yang bikin semangat membara lagi. Ini tujuannya bagus sih soalnya umat-umat sebagian udah ngantuk dan harus dihibur biar enggak tepar di tempat hahahaha.

Lalu ritual pun dilanjutkan dengan doa dari 9 komunitas Buddha, yang masing-masing maksimal 5 menit.

di tengah-tengah doa, setengah dari umat udah kalah dari ngantuk dan tidur pules di tempat. Gua yang sempet ketiduran bentar sambil duduk pun berusaha melek dan fokus doa. Percayalah, saking ngantuknya mata merem bentar bisa langsung tidur gua..

Setelah memanjatkan doa-doa, kami para umat diajak buat meditasi oleh Bhikku, sembari nunggu detik-detik menjelang Waisak yang ditandai dengan pemukulan gong 3 kali.

Para Bhikku pun mulai ritual blessing atau pemberkatan dengan keliling ke semua spot tempat umat duduk sambil melempar percikan air dari sapu lidi yang udah dicelupin ke air berkah. Buddha bless us!

Setelah semua umat dapet pemberkatan, ritual terakhir adalah Pradaksina. Pradaksina ini tujuannya untuk memberi penghormatan kepada para Dewa dengan mengelilingi Candi Borobudur searah jarum jam.

Sebelum mengelilingi Candi Borobudur, kami dibentuk masing-masing 1 kelompok yang dibagi jadi 5 barisan dan mulai jalan mengelilingi Candi Borobudur 3 kali dengan bawa teratai kecil dari origami dan bunga sedap malam.

Teratai dari origami.

Para Bhante dan Bhikku. (Google)

Jalan ngelilingin Candi Borobudur. (Google)

Komunitas Buddha (Google)

Para umat yang bawa bunga sedap malam. (Google)


Selesai mengelilingi Candi Borobudur, penutupan ritual Waisak pun ditutup dengan penerbangan beberapa lampion ke langit.

Morning sky and a few of lanterns

I believe i can fly~ i believe i can touch the sky~

Dengan penerbangan lampion, perayaan Waisak 2016 di Candi Borobudur pun resmi selesai.

I can't believe i just did a 20 hours of Vesak ritual. hampir 24 jem gua melakukan ritual dari pagi ketemu pagi, it just crazy right?!

Tapi gua sebagai umat Buddha bangga banget bisa ikut prosesi Waisak terbesar di Indonesia dari awal sampe akhir. Ngg.. Enggak dari awal banget sih.. Sepertinya untuk tahun depan gua bakal usahain untuk ikut lagi, dari hari pertama tentunya hehehe.

Buat yang mau ikut prosesi Waisak ini lebih baik siapin badan yang fit sebelum hari H, soalnya kalo enggak kuat bisa-bisa pingsan selama ritual.

Karena ritual udah selesai dan para umat pun sebagian udah pulang. Gua sama cici ngambil kesempatan buat liat sunrise dari puncak Candi Borobudur.

 Enaknya kalo Candi Borobudur sepi begini..


Nyampe di Puncak, matahari pun udah terbit dengan terik. Selain malem hari waktu Waisak, dateng pagi-pagi adalah langkah yang tepat buat ke Candi Borobudur.

Kalian bisa liat matahari terbit, pegunungan dan pemandangan hutan yang masih berkabut.

Alesan lain dateng pagi-pagi adalah pengunjung yang dateng masih dikit jadi bisa lebih leluasa nikmatin pemandangan dan foto-foto. 


 The sun has risen.


 Perfect timing!


Pagi yang indah di Puncak Borobudur.


I'M SO GRATEFULLL!


View Candi Borobudur di pagi hari.

Kabut dimana-mana. Mantap.

Kelar foto-foto, gua lalu duduk di pinggir Stupa sambil menikmati pemandangan.

Tiba-tiba cici nyamperin terus ngajak balik karena udah ngantuk banget. Gua nikmatin pemandangan sampe lupa kalo belom tidur seharian coba..

Akhirnya kami turun dari Candi dan nyari ojek buat nganterin pulang ke Hotel buat istirahat.

Sampe di Hotel. Masuk kamar, semua barang dilempar, lompat ke kasur dan kami pun tidur pules. What a hectic yet unforgettable day!

No comments:

Post a Comment