Monday 11 July 2016

Jogjakarta Part 2: Ratu Boko - Kalibiru - Candi Borobudur

Selamat pagi dari Jogjakarta! Pagi-pagi udah ngelakuin hal absurd. Karena Gua tidur di kamar kelas Gandekan which is enggak ada WC pribadi, jadi harus mandi di WC umum di dalem Hotel.

Udah bawa baju, celana sama sempak lengkap, pas kelar mandi. Baru inget lupa bawa handuk dan akhirnya ngelap badan pake baju yang udah kotor. Kenapa otak gua keterlaluan banget pelupanya ya.. Hadeh..


Kelar mandi. Gua sama Cici siap-siap buat check-out dari Hotel dan nyari mobil buat dirental. Kenapa cuma tinggal sehari dan harus sewa mobil segala Sut?

Karena Kami bakal ke Candi Borobudur sekaligus ngerayain Waisak di Candi Borobudur. Jadi harus nginep di salah satu Hotel deket sana biar enggak repot bolak-balik.

Untuk sewa mobil, di sepanjang jalan deket Malioboro banyak tempat khusus Rental mobil. Kami pun samperin satu per satu Rental mobil buat nyari informasi dan pastinya nyari harga yang paling murah.

Rute Kami adalah Candi Prambanan - Ratu Boko - Kali Biru - Candi Borobudur. Dipatok bermacam-macam harga dari Rp 600.000, Rp 500.000 dan dapetlah harga paling murah Rp 350.000 udah termasuk Supir dan bensin kecuali Tiket masuk Wisata.

Ada pilihan beberapa mobil yang bisa kita pilih buat dirental: Avanza sama Innova yang relatif ukurannya sama.

Jadi buat yang mau Rental mobil dari Malioboro ke tempat Wisata yang lain lebih baik pastiin dulu harga dari Rental yang satu sama yang lain. Siapa tau bisa dapet yang lebih murah.

Setelah semuanya beres. Kami pun langsung berangkat ke tempat Wisata yang pertama, Candi Prambanan. Perjalanan dari Malioboro ke Candi Prambanan sekitar 40 menit.



Buat pengunjung yang habis dari Candi Prambanan mau ke Ratu Boko. Lebih baik langsung beli tiket terusan atau paket.

Karena lebih murah dan gratis naik Shuttle Bus dari Candi Prambanan ke Ratu Boko.



Ada juga paket Wisata dari Candi Prambanan ke Candi Plaosan dan Candi Sojiwan.





Karena Shuttle Bus udah stand by dan siap berangkatkan penumpang dari Candi Prambanan ke Ratu Boko. Kami pun langsung berangkat ke Ratu Boko tanpa jalan-jalan di sekitar Candi Prambanan lebih dulu.

Perjalanan dari Candi Prambanan ke Ratu Boko sekitar 10 menitan dengan jalan yang ngelewatin Sawah-sawah dan naik ke Perbukitan.


Pemandangan yang enggak selalu bisa diliat di Kota.


Woi ngalangin tulisannya lu!
Nah.. Ini baru bener..

Begitu masuk ke Ratu Boko langsung disambut Gazebo buat neduh dan Taman yang serba hijau. The first time i saw this place, i already liked it hehehe.


Adem banget, adem di mata doang sih. Cuaca aslinya mah panas parah nyet..

Setelah melewati Taman yang serba hijau. Candi Ratu Boko pun mulai terlihat.


Sist x Bro

Candi Ratu Boko ini adalah situs purbakala dari sisa-sisa bangunan bekas Keraton atau Istana jaman dulu.


Pendapat ini berdasarkan pada kenyataan kalo tempat ini bukan Candi atau bangunan yang bersifat religius, melainkan sebuah Istana megah berbenteng dengan bukti sisa-sisa dinding berbenteng.

Terus kenapa dinamain "Candi" Ratu Boko? Aing juga ora ngarti..


Istana yang awalnya bernama Abhayagiri Vihara yang berarti Biara di Bukit yang penuh kedamaian ini didirikan buat tempat menyepi dan memfokuskan diri ke kehidupan spiritual.

Kalo ke sini, pengunjung bisa ngerasain kedamaian yang emang terbukti bener. Sekaligus bisa liat pemandangan kota Jogjakarta dan Candi Prambanan dengan background Gunung Merapi.

Gimana enggak damai coba kalo tempatnya kayak begini?

Candi Ratu Boko terbagi jadi empat bagian: Tengah, Barat, Tenggara dan Timur.


Bagian tengah ada bangunan Gapura utama, Lapangan, Candi Pembakaran, Kolam, Batu Berumpak dan Paseban.

Begitu masuk pintu gerbang Candi, pengunjung bisa liat 2 buah Gapura Tinggi. Gapura pertama ada 3 pintu sedangkan Gapura kedua ada 5 pintu.

Kalo teliti kalian bisa nemu tulisan "Panabwara" berdasarkan prasasti Wanua Tengah III yang ditulis oleh Rakai Panabwara.

Tujuan ditulisnya kata itu buat melegitimasi kekuasaan atau memberi kekuatan sehingga lebih agung dan memberi tanda kalo bangunan ini adalah bangunan utama.

Taman di Candi Ratu Boko

Enggak jauh dari Gapura kedua, Pengunjung bisa liat Candi Pembakaran. Candi ini berbentuk bujur sangkar (26 meter x 26 meter) dan punya 2 teras.

Candi Pembakaran ini fungsinya buat pembakaran jenazah. Selain itu di dekat Candi Pembakaran juga ada sebuah Batu Berumpak dan Kolam.


Tangga buat naik ke Candi Pembakaran.

 Candi Pembakaran. (Kolamnya di sebelah kiri)

Freakin sunny day.

Dat view, tho..

View from the top.


Gua yang foto hasilnya keren.


   Cici Gua yang foto hasilnya begini, mau marah anjir..



Mau salto sampe kaki enggak ada rasa juga bisa nih..

Turun tangganya pelan-pelan yak, nanti nyungsep.


Di bagian timur Istana, ada 2 buah Gua dan Kolam berukuran sekitar 20 meter x 50 meter.

2 buah Gua ini terbentuk dari batu sedimen yang disebut Breksi Pumis. Gua yang lokasinya di bawah bernama Gua Lanang (Laki-laki) sedangkan Gua yang di atas bernama Gua Wadon (Perempuan).


Ada satu moment lucu waktu Gua dateng ke Gua Lanang dan Gua Wadon ini, ada 3 ekor Kambing yang lagi asik makan rumput-rumput di sekitar Gua.

Karena mau foto Kambing-kambing ini lagi makan, Gua pun mulai mendekat. Eh Botol Mineral yang Gua selipin di belakang Celana tiba-tiba jatoh, Keluarga Kambing kaget dan ngibrit semua ninggalin Gua.

Bakat alami Gua emang suka mengganggu Makhluk Hidup apapun. Maap ya Mbekk..


Ketika menuju ke arah Keputren, Gua melewati Pendopo Ratu Boko.


Kaki dan atap Pendopo Ratu Boko ini dikelilingi Batu Keras (Batu Adesit), sementara badan dinding berasal dari Batu putih.

Di dalem pagar keliling ada 2 buah Batur: Batur Utara dan Batur Selatan. Kedua batur ini dihubungkan dengan Selasar dari Batu Adesit.

Di atas Batur Pendopo ada 24 Umpak sedangkan di atas Batur Pringgitan ada 12 Umpak. Umpak ini fungsinya buat landasan tiang penyangga yang dibuat dari Kayu.

Batur ini adalah bangunan sentral dari Istana Medang yang di atasnya ada tiang-tiang penyangga bangunan dan diperkirakan punya dinding bangunan.


Setelah melewati Pendopo Ratu Boko. Gua sampe di Keputren, Keputren ini adalah tempat permandian khusus buat keluarga Raja.

*brb nyebur*

Anggota keluarga kerajaan mah bebas Brayy..


Permandian keluarga Raja.

Ini keluarga Raja pada ke mana? Masa Gua doang..

Panas banget, nyebur dulu dah..

Selesai jelajahin seluruh sudut dan udah terlalu lama di Ratu Boko. Kami langsung balik ke depan Gerbang buat nunggu Shuttle Bus untuk balik ke Candi Prambanan.

Karena mau ngejer waktu buat ke tempat selanjutnya, kami pun enggak jadi explore Candi Prambanan. See ya next time!


Pak Supir langsung tancap gas ke Wisata Alam Kalibiru di Kulon Progo.

Butuh 2 jem untuk berangkat dari Candi Prambanan ke Wisata Alam Kalibiru. Gua pun ngambil kesempatan buat tidur bentar di Mobil.

Lagi tidur pules tiba-tiba kebangun dan pemandangan di sekitar Gua berubah jadi serba hijau. Ternyata udah sampe di dalem Perbukitan Hutan, dengan tanda sinyal hape yang udah lenyap.

Waktu sampe di Gerbang Wisata Alam Kalibiru, ada Pos yang dijaga beberapa Bapak-bapak. Kami disuruh tunggu bentar karena ada Mobil yang mau turun dari Bukit.

Track di Wisata Alam Kalibiru termasuk kategori asik-asik menegangkan. Jalannya berbelok-belok banyak tikungan dan cuma bisa dilalui 1 Mobil aja. Jadi harus ganti-gantian naik turunnya.

Yang bikin lebih serem, jalanannya pun nanjak ke atas Bukit lalu di sebelah jalanan adalah Jurang yang dalem banget. Mobil kalo oleng dikit bisa nyungsep ke dalem Jurang.

Berasa lagi main Maximum Tune yang biasa ada di Bioskop XXI, tapi ini Maximum Tune versi nyata. Lebih greget..

Karena jalan yang banyak tikungan dan bisa bikin kecelakaan, di setiap spot jalanan mau ke Wisata Alam Kalibiru bakal dijaga beberapa Crew yang masing-masing megang Walkie Talkie untuk komunikasi dan ngatur lancarnya jalanan.


Setelah kurang lebih 15 menit nanjak ke atas Bukit. Ada tempat parkir khusus Mobil yang disediain Pihak dari pengelola Wisata.

Pengunjung harus parkir Mobil lalu naik Ojek lagi ke Wisata Kalibiru. Karena jalanan untuk kali ini enggak bisa dilalui Mobil. Nanjaknya terlalu tajem dan beresiko banget.

Gua sama Cici masing-masing sewa Ojek buat nanjak. Buat sewa Ojek cukup bayar Rp 5.000 - Rp 10.000 aja.

Setelah nanjak, Kalian bakal liat Loket yang jual tiket masuk ke Wisata Alam Kalibiru. Harga tiket per orang cuma Rp 5.000 yang udah termasuk asuransi kecelakaan. Murah meriah guys!



Tiket udah di tangan, Kami lanjut jalan kaki ke atas Bukit yang jalannya udah diaspal dengan rapi.

Di sekitar lokasi juga ada beberapa Warga lokal yang buka Warung makan, jadi sebelum lanjutin perjalanan. Bisa makan atau minum dulu buat isi tenaga.

 Disambut air mancur kecil dengan tulisan Kalibiru.

Nongol ah..

Ketika jalan ngelewatin Air Mancur kecil ini. Capek, lemes dan lelah semuanya tiba-tiba hilang dan diganti perasaan excited, excited yang over parah.

Awalnya Gua enggak ada ekspektasi sama sekali untuk Kalibiru ini, ternyata tempatnya bener-bener bikin speechless.

Gimana enggak speechless, look at that outstanding view!! How great is our God to made such a stunningly beautiful place.

Sejauh mata memandang yang Gua liat cuma Pepohonan, Bukit dan Pegunungan. Dari atas puncak Bukit kita juga bisa liat Waduk Sermo.

Liat pemandangan begini langsung inget The Jungle Book.

Warna hijau sejauh mata memandang.

 *Abaikan belakang Gua*


Selain bisa hirup udara seger sekaligus menikmati Pemandangan dengan view Waduk Sermo dan Pegunungan. Di area Wisata juga disediain Pohon Foto.

We are nothing than the mighty Nature..

Jadi Pohon Foto ini khusus disediain buat Pengunjung yang mau foto-foto dengan background pemandangan alam dan Waduk Sermo.

Pohon Foto ini ada 3 Spot dan berada di lokasi yang beda-beda. Dari spot satu ke yang lain cuma beda tingkat tingginya aja.


Buat foto-foto, Pengunjung harus bayar tiket untuk naik ke Pohon Fotonya seharga Rp 15.000 per orang dan kalo mau di foto sama Fotografer harus bayar Rp 5.000 per foto.

Jadi sistemnya, Pengunjung bakal naik ke Pohon Foto tentunya udah dipasangin Gear buat safety. Lalu Kang Fotografer bakal mulai mengatur gaya kalian atau bisa gaya sesuka sendiri dan bakal di foto sepuasnya.

Selesai foto, Pengunjung bakal disuruh pilih 5 foto yang paling bagus lalu dikirim ke Hape masing-masing dengan bayar Rp 30.000. Kalau misalnya lebih dari 5 foto, maka bakal ditambah Rp 5.000 per foto.

Kalaupun enggak mau difoto pake jasa Fotografer, kalian bisa foto pake Hape sendiri dengan minta bantuan dari Abangnya. Tapi hasil foto dari Hape enggak akan memuaskan karena cahayanya yang enggak mendukung. *pengalaman*

Contoh foto pake jasa Fotografer:

 Mak, Sutris melayang Makkkk..

 Kalibiru is pretty cool!

 Kang Fotograper: "Coba gaya cool Bang.." | Siap Gan!

Back to Nature.

Flying photography. Anjasss.

 *Mulai keabisan pose* Megang papan Kalibiru aja deh..

Ci kalo mau tidur mah di Rumah, jangan di sini..


Contoh foto modal Hape sendiri.

Hmm gelap ya..

Ya bolehlah..

Not bad tapi pemandangan ngeblur.


Udah tau kan perbedaannya? Kalo mau foto sih Gua saranin pake jasa Fotografer aja untuk hasil foto yang memuaskan. Karena kenangan lebih mahal dari Rp 5.000 dan kita mungkin bakal butuh waktu yang lama untuk ke sini lagi hehehe.


Selain Pohon Foto, Pengelola juga sediain Outbound atau High Ropes Game di sekitar area. Buat para Pengunjung yang suka memacu adrenalin bisa coba permainan ini.

High Ropes Game ini ada 5 permainan:
1. Jalan di atas jembatan kayu yang tergantung
2. Panjat batu
3. Jalan di atas jaring
4. Jalan di atas tali tunggal
5. Flying Fox.


Percayalah ini sok-sokan minta dicandid.

Setelah foto-foto dan main High Ropes Game, Pengunjung bisa tracking sekaligus menjelajah area Wisata Alam Kalibiru ini.

*bengong bloon*

Instagram-able banget.

 I could sit for hours in here.

Buat Pengunjung yang mau liat Sunrise dari atas Puncak Bukit, di Wisata Alam Kalibiru juga ada beberapa Penginapan yang dikelola Warga lokal.

Ada beberapa tips buat yang mau berkunjung ke Wisata Alam Kalibiru ini:

1. Kalo dateng naik Mobil atau Motor, pastiin kendaraan kalian masih bagus dan stabil terutama di bagian Rem. Karena bakal naik turun Bukit yang jalanannya cukup curam.

2. Lebih baik dateng waktu pagi atau siang pas langit masih cerah, jangan dateng pas musim hujan karena jalanan licin. Waspada jurang!


Hari mulai senja, Matahari pun perlahan terbenam. Kami udah harus berangkat ke tujuan terakhir, Candi Borobudur. Sebelum terlalu malem. Rencana mau menikmati Sunset dari Puncak Bukit pun gagal.

Perjalanan dari Kalibiru ke Candi Borobudur sekitar 1 jem 30 menit dan ngelewatin Hutan-hutan yang agak creepy karena udah malem dan suasananya yang sepi banget. Mana sempet nyasar segala.

Udah ngeri aja tiba-tiba dari samping dilabrak Babi Hutan, kan enggak keren banget ya..

Setelah perjalanan yang agak serem, akhirnya nyampe juga di Cempaka Villa yang sebelumnya udah dibooking Cici.

Kelar beresin pembayaran dan check-in, Kami langsung istirahat buat ikut prosesi Upacara Waisak di Candi Borobudur besok.

No comments:

Post a Comment